Senin, 06 Agustus 2012

Hal yang harus dilakukan kepala sekolah dalam pengembangan KTSP


v  Perencanaan Kurikulum adalah Kepala Sekolah harus melakukan analisis konteks terhadap kekuatan dan kelemahan ysng dimiliki sekolah dan satuan pendidikan, baik yang berkaitan dengan peserta pendidik, guru, tenaga administrasi, sarana prasarana serta pembiayaan. Kemudian melihat peluang dan tantangan yang ada di masyarakat dan lingkungan sekitar, baik yang bersumber darikomite sekolah, dewan pendidikan, dinas pendidikan, dunia industri. Langkah selanjutnya adalah mengidentifikasi Standar isi dan standar kompetensi lulusan  sebagai acuan dalam penyususnan KTSP kemudian melakukan pengembangan seluruh komponen sekolah dengan bekerja sama dengan para ahli maupun orang tua untuk mengevaluasi dan menilai efektifitas lembaga, serta mutu lulusan. Untuk kepentingan tersebut ada beberapa langkah yang harus di rencanakan dalam pengembangan KTSP :
     1. Menentukan fokus atau kompetensi dasar
     2. Menentukan variabel atau indikator
     3. Menentukan standar
     4. Membandingkan standar dan kompetensi
     5. Merencanakan target untuk mencapai standar
     6. Merumuskan cara-cara dan program untuk mencapai target
Kegiatan analisis konteks di atas  dilakukan oleh tim penyusun KTSP dan kepala sekolah sebagai ketua merangkap anggota di bawah pengawasan Dinas kabupaten/kota dan provinsi yang bertanggung jawab di bidang pendidikan.
v  Dalam Pengembangan Kurikulum Kepala Sekolah berusaha menciptakan suasana kondusif, membina disiplin, melengkapi fasilitas dan sumber belajar seperti perpustakaan dan hal yang terpenting mengubah paradigma guru dan staf sekolah, khusus mengubah paradigmaguru merupakan faktor penting terhadap proses hasil belajar yang menuntut aktivitas dan kreatifitas guru dengan demikian fungsi guru lebih dominan sehingga guru perlu di latih menjadi fasilitator dalam suasana saling menyenangkan seperti:
1.      Mengurangi metode ceramah
2.      Mengelompokan siswa sesuai bakat dan kemampuannya
3.      Memodifikasi dan memperkaya bahan pembelajaran
4.      Mengusahakan keterlibatan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran
v  Dalam Implementasi Kurikulum Kepala Sekolah harus mensosialisasikan KTSP terhadap seluruh komponen sekolah maupun orang tua siswa, hal ini sangat penting sehingga apa yang sudah di rencanakan dalam bentuk Visi dan Misi Sekolah dapat mengenal lebih tentang keadaan sekolah, jika Kepala Sekolah belum begitu memahami atau belum mantap mengenai konsep KTSP yang akan dikembangkan, maka boleh mengundang ahli yang ada dalam masyarakat maupun  pemerintah kemudian bermusyawarah dengan komite sekolah, guru, tenaga kependidikan  dalam rangka menyukseskan KTSP di Sekolah sehingga proses pengembangan diri dan kegiatan eskul dapat terealisasi.
v  Dalam Evaluasi Kurikulum Kepala Sekolah harus mengkondisikan lingkungan agar menunjang terjadinya perubahan prilaku bagi peserta didik yang pelaksanaan pembelajaran mencakup 3 hal yaitu Pre Test, Pembentukan kompetensi, Post Test. Hasil belajar juga dapat di lakukan melalui : Penilaian Kelas, Tes kemampuan dasar, Penilaian satuan pelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar